Spirit Apparel – Sponsor termahal Klub kaya Liga Perancis, Paris Saint-Germain ( PSG), resmi mendapatkan sponsor baru menggantikan Fly Emirates. Jaringan hotel multinasional, Accor, akan terpampang di bagian depan kostum PSG sebagai sponsor utama klub tersebut mulai musim kompetisi 2019-2020. Detail nilai dan durasi kerja sama antara Accor dengan PSG belum diumumkan kepada publik, tetapi koran Perancis, Le Parisien, mengklaim PSG sekarang termasuk 4 besar klub Eropa dengan nilai sponsor paling mahal. Klaim tersebut berarti Accor dan PSG sepakat di angka antara 51-53 juta euro semusim dan berada di antara Barcelona (Rakuten/51 juta euro) dan Chelsea (Yokohama/53). Tadinya bersama Fly Emirates, PSG hanya berada di posisi ke-10 klub Eropa dengan sponsor termahal. Fly Emirates “hanya” membayar 28 juta euro per tahun. Berikut 10 klub Eropa dengan sponsor termahal setelah PSG mengikat kerja sama dengan Accor seperti dikutip Bolasport.com dari Inside Sport.
10. Bayern Muenchen (Telekom) – 29,5 juta euro
Sejak tahun 2002, perusahaan telekomunikasi Jerman, Deutsche Telekom, setia menjadi sponsor klub terbesar Liga Jerman, Bayern Muenchen. Saat ini Telekom membayar 29,5 juta euro atau sekitar Rp 470 miliar per tahun
9. Liverpool (Standard Chartered) – 35 juta euro
Perusahaan jasa keuangan multinasional yang berbasis di London, Standard Chartered, menjadi sponsor utama Liverpool sejak 2010. Menggantikan Carlsberg (1992-2010), Standard Chartered membayar 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar per tahun.
8. Tottenham Hotspur (AIA) – 35 juta euro
Perusahaan asuransi jiwa AIA menjadi sponsor Tottenham Hotspur sejak 2014 dengan nilai 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar. Kontrak itu kabarnya sudah diperbarui pada 2017 dan akan berakhir pada 2021-2022
7. Manchester City (Etihad) – 35 juta euro
Setahun setelah Manchester City diambil alih Abu Dhabi United Group pada 2008, maskapai penerbangan Etihad Airways menjadi sponsor utama The Citizens, julukan Man City. Dengan nilai kontrak 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar, Etihad juga mendapatkan hak untuk menjadi nama stadion Manchester City
6. Arsenal (Fly Emirates) – 49,5 juta euro
Sejak tahun 2006, Fly Emirates menjadi sponsor utama Arsenal dengan nilai 49,5 juta euro atau sekitar Rp 790 miliar per musim. Selain memasang namanya di dada seragam Arsenal, Emirates juga menjadi nama stadion The Gunners, julukan Arsenal.
5. Barcelona (Rakuten) – 51 juta euro
Dalam beberapa tahun terakhir, Rakuten, perusahaan internet dan komersial elektronik Jepang, memang intens terjun menyokong beberapa entitas olahraga. Pada November 2016, Rakuten menandatangani kontrak 4 tahun bernilai total 204 juta euro dengan klub top Liga Spanyol, Barcelona.
4. PSG (Accor) – 51-53 juta euro
Dengan klaim PSG kini masuk 4 besar klub Eropa pemilik sponsor termahal, berarti kerja sama Accor dengan Les Parisien bernilai antara 51 hingga 53 juta euro per musim. Nilai kontrak tersebut hampir dua kali lipat dari yang didapatkan PSG saat kerja sama dengan Fly Emirates.
3. Chelsea (Yokohama) – 53 juta euro
Chelsea adalah pemilik sponsor termahal kedua di Liga Inggris saat menandatangani kontrak dengan Yokohama Rubber pada 2015 dengan nilai 53 juta euro atau Rp sekitar 845 miliar setahun. Nilai kontrak yang diterima Chelsea hanya kalah dari Manchester United
2. Manchester United (Chevrolet) – 70 juta euro
Pada 2014, Manchester United menandatangani kontrak dengan perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors, untuk menjadi sponsor utamanya. Bernilai total 490 juta euro untuk durasi tujuh tahun, General Motors memilih salah satu mereknya, Chevrolet, untuk dipajang di dada seragam United.
1. Real Madrid (Fly Emirates) – 73 juta euro
Real Madrid sudah disponsori Fly Emirates sejak 2013. Fly Emirates ketika itu menggantikan Bwin (2007-2013). Pada 2017, kontrak dengan Fly Emirates diperpanjang Real Madrid selama lima tahun dengan nilai 73 juta euro atau sekitar Rp 1,1 triliun per musim.
Untuk Info lebih lengkap silahkan hubungi admin kami di : 0856 0215 4485